beberapa keanehan (lanjutan)

hehehe, lagi berusaha memanfaatkan waktu yg masih tersisa sebelum saatnya tidur, keinget bahwa dulu pernah nulis soal bbrp keanehan di Finlandia.
setelah bertahun2, akhirnya kekumpul juga keanehan lainnya. mm, ga tau sih ini cuma di Finlandia doang apa di negara2 Eropa lain juga begitu, but at least here’s what i’ve come up with .

(gue lgs tulis sbg nomer 4, nomer 1-3 bisa dibaca di entry yg gue link di atas)

4. ngomongin cuaca bukan cuma basa-basi. they take it very seriously here . hmm, mungkin karna memang kadang cuaca di sini sangat unpredictable, di tengah summer bisa tau2 dingin kyak winter, dan di tengah winter tau2 anget kyak spring. jadi, klo anda terdampar di Finlandia, dan butuh percakapan buat berbasa-basi, jangan pilih topik ini. it will go into a deep conversation, that can last up to an hour. hihihi! don’t say i didn’t warn you!

5. gue inget pas pertama beli TV di sini (er…emg cuma pernah sekali deng beli TV di sini ), temen2 & keluarga gue di Indonesia pada kaget…gile, lgs beli LCD TV aja gitu!
well, believe it or not, di sini ga ada yg jual TV yg BUKAN LCD maupun Plasma. not one single place (unless it’s a secondhand electronic shop ya…). don’t ask why.
so yeah, it’s not us bragging, it’s nothing special (here), it’s perfectly common.

6. there’s no payphone here in the whole Finland. seriously, NONE. jadi klo anda lagi2 terdampar di Finlandia, trus kecopetan HP (which very rarely happens), selamat lah. alamat beli HP baru. why, do you ask? yaaaaaaaaaaa, namanya juga Finlandia gitu lohhhh, negeri Nokia….semua orang, bahkan anak2 TK juga udh punya HP masing2…which brings us to number…

7. there’s almost no landline phone here in the whole Finland. it’s just useless here in the Nokia land, or so they think, at least.
waktu toko tempat gue kerja masih ada di Esplanadi, kita pake telpon rumah (i mean, you know, pesawat telpon biasa…), and it was a drag…karna klo ada yg nelpon, nanya “di situ ada kain A ga?” we put it on hold, jalan ke arah kain yg dituju, dan ternyata ga ada, balik ke telpon “ga ada..”. trus dia nanya lagi “oh, klo kain B?” …we put it on hold, jalan ke arah kain yg dituju, dan ternyata ga ada lagi….dannnn seterusnya (bacanya aja cape kan? apalagi yg ngalamin).
untunglah skarang kita pake HP buat toko yg baru ini, mau ngecek kain di manapun, telpon tinggal dibawa2.
and yeah, like i said, anak2 TK di sini juga pake HP masing2. dan ini bukan hiperbola. jadi, apa gunanya telpon rumah?

8. having said number 6 and 7, dan lagi2 mengingat Finlandia adalah negeri Nokia, surprisingly org2 di sini kebanyakan merasa ga butuh pake teknologi HP paling canggih. cukup bahwa HP itu berfungsi, bisa buat nelpon, kirim2an sms. blackberry? apa itu?
suatu hari gue terpaksa baca sms di depan temen kerja gue pas lagi istirahat, dan dia terpesona liat HP gue yg padahal “cuma” N70 butut..”wow, Puni, HP-mu keren amat!”…..er….gue jelasin dengan tersipu2 klo dulu gue “beli”-nya pake kontrak pre-paid + HP, yg bayar sebulan cuma sekitar 23 euro (termasuk HP alias gratis, pulsa buat nelpon 70 menit & 100 sms setiap bulannya) selama 2 taun. jadi ga enak hati gue .
oh, ada lagi 1 temen kerja gue (yg lain) akhir taun lalu dikasih HP bekas temennya, yaitu Nokia 2300 (yes, the old one, yg kupu2 itu loh! monitor b/w, indeed), dan itu aja bikin dia girang bukan main karna skarang dia jadi bisa denger2 radio dari HP-nya. i’m happy for you too, dear!
amazing irony, isn’t it? bukan karna mereka ga mampu loh (gue aja mampu gitu, wong banyak tawaran2 murah plus HP gratis kyak gitu, gimana ga mampu??), cuma emg merasa ga perlu aja.
well, that’s a great way of thinking, in my opinion! karna toh gue juga ga pake fitur2 ajaib yg ada di HP gue, klo bukan karna gue waktu itu emg sekalian mesti beli nomer baru & pengen bisa ber-sms-an ria sama keluarga & temen di Indonesia juga ga bakalan ambil paket kontrak pre-paid ituwh.

so far, baru ini lagi yg terkumpul. maybe the list will still grow as time goes by, who knows .

Advertisements

14 thoughts on “beberapa keanehan (lanjutan)

  1. saxsilverain said: namanya juga Finlandia gitu lohhhh, negeri Nokia

    …..oh dari finland ya…. kirain nokia dari jepang…. huehehehehe..cepetan maen ke jakarta, ada yang kangen

  2. saxsilverain said: surprisingly org2 di sini kebanyakan merasa ga butuh pake teknologi HP paling canggih. cukup bahwa HP itu berfungsi, bisa buat nelpon, kirim2an sms. blackberry? apa itu?

    …errr apa ceritanya ya kalo finlander ke jakarta, dan ke mall lalu ke foodcourtnya… dan melihat makhluk jakarta jaranga da yng ngubrul karena keasikan megang hape

  3. saxsilverain said: org2 di sini kebanyakan merasa ga butuh pake teknologi HP paling canggih. cukup bahwa HP itu berfungsi, bisa buat nelpon, kirim2an sms. blackberry? apa itu?

    waktu di Oz juga gitu koq Puy.di saat2 temen2 anak2 Indo hapenya udah warna warni gitu screennya, temen2 gue yang orang2 Oz masih pada monokromatik hapenya.dan mereka juga banyak yang pake hape merk2 ajaib.kayanya cuma di Asia aja yang gila current trends on mobile phones O_ocepat pulaaaannnggg … *guncang guncang Puni*

  4. buat ikutan lomba lempar HP di Finlandia aja, Miy :D(yes, we have that kind of competition here. make sure you have a terrible fight over the phone with someone just seconds before it’s time for you to throw it, and you’ll win.)

  5. imandita said: pa ceritanya ya kalo finlander ke jakarta, dan ke mall lalu ke foodcourtnya… dan melihat makhluk jakarta jaranga da yng ngubrul karena keasikan megang hape

    i think they’ll think it’s sad that they don’t even live in the real world anymore, masing2 sibuk di dunia maya sendiri..

  6. varinwibowo said: kasian yah pun negri nokia tapi jarang pake yg canggihnya gitu..

    kok kasian? 😀 hehe..it’s their own choice, my dear..if you’re not gonna use those extra features, then why buy it? it’s supposed to be a mobile phone afterall, not your whole life. those ppl are just more down-to-earth, imho 🙂

  7. saxsilverain said: (yes, we have that kind of competition here. make sure you have a terrible fight over the phone with someone just seconds before it’s time for you to throw it, and you’ll win.)

    ,……hoooo been there done that

  8. varinwibowo said: iya bener jugaa.. sudahlah ya ngobrol aja di dunia nyata. kalo mau chatting di rumah aja. 🙂 tiba2 pengen ngasih virus yang bakal memusnahkan semua blackberry.. hahahaha *evil laugh

    butuh bantuan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s