yksi entry by demand (huom: diperlukan keahlian membaca 3 bahasa untuk entry ini :D)

ya ya ya, i’m here now (finally).

blakangan ini, selain skolah, banyak bgt kyaknya yg mesti gue lakukan..i know some people are even busier than me, but they can still make time to go online, do some work out, etc..knapa gue ga bisa ya? aneh memang. atau mungkin gue aja yg terlalu malas .

trus kyaknya banyakkk yg nanyain kabar gue lah, pengen tau crita gue lah, dll..so here it is, for all of you who’ve been wondering bout me, my entry especially for you!

minggu ini minggu ke-4 gue blajar bhs Finland. so far, my conclusion about the whole Finnish language remains the same: bahasa ini emg sangat AJAIB.
can’t even begin to explain it to you, you’ll have to learn it yourself . but after the first “pikku koe” (small test), in which i got 100% score (whoopee!!), i’ve gained more confidence in myself at least. dan lebih senengnya lagi saat gue naik bis dan bisa ngerti iklan2 yg ada di blakang kursi2 bis itu, ato pas berkeliling kota & bisa baca iklan2 di jalan..huwaaaa!! i feel like mata gue akhirnya terbuka: i can understand Finnish!!

ja sitten, 2 minggu lalu kita ngundang ibunya Antti kemari…untuk mencicipi masakan gue: the notorious AYAM WOKU!! hahaha…ternyata dia ketagihan bo nice to know that at least if i can’t get a job, gue bisa buka restoran Manado di sini, since the Finns like it, LOL!!

seuraava, we’re welcoming the spring here!! walopun joskus on pilvistä ja sataa vettä, muutta on jo kaunis ilma . silloin, me ostamme woodfloor (ga tau bhs Finland-nya) terassille. on kiva juttu! me ostamme myös terassi sandaalit H&M:ista. me olemme onnea .

truuuusss…apalagi ya? ai jaa..i finally start to get the school money from the government here..senangnya! skarang gue bisa bantu beli2 bahan makanan with my own money, hasil “kerja” tiap hari di sekolah, hihi..trus gue juga bisa load credit for my own travel card now, on ihan hyvä!

minggu lalu (dan minggu ini) toko2 UFF di sini lagi sale. on kirpputori, which means baju2nya 2nd hand..plus aksesoris, tas2, dan juga spatu. nah, on this sale, smua baju harganya maksimal 5 euro, dari kaos, celana, rok sampe jaket2 winter/summer. pengennya sih gue membabi buta, tapi apa daya, duit terbatas, jadi gue “cuma” beli 1 celana pendek (kesälle!) sama 1 cardigan merah bermotif domba! huhuhu, lutuna..minggu ini smua baju jadi berharga maksimal 3 euro, trus hari Sabtu ini, ga kira2, cuma 2 euro!! waaaa….menggiurkan bukan? bagi yg tinggal di Finland, nikmatilah tawaran khusus ini, ohoho…on erikoista tarjoukset!

well, setelah 6 bulan tinggal di Finland, akhirnya i’ve come to love this place..not as much as my home country, of course, but living here is good (when you’re used to it). gue udh bisa keliling Helsinki sndiri, punya uang saku sndiri, bisa ngerti iklan & baca koran sini (or at least the headlines, LOL!), plus tiap hari exercise jalan bolak balik dari halte ke rumah/sekolah/mall (for grocery shopping) and vice versa, beserta tas ransel tercinta yg penuh buku2 pelajaran nan tebal bin berat (dan kadang2 belanjaan yg juga tak terkira beratnya)

nyt minä teen minun kotitehtävät, nähdään pian!

23 thoughts on “yksi entry by demand (huom: diperlukan keahlian membaca 3 bahasa untuk entry ini :D)

  1. hihihihi… itikku sudah besar dan menebarkan sayap sekarang yak! =]So glad to hear you’re doing really well! jadi kalo gue punya duit ke Finland elo bisa menerjemahkan if someone’s cursing me and I can slap them MWAHAHAHAHAHA! =PTyus, kapan bisa online bu?

  2. saxsilverain said: blakangan ini, selain skolah, banyak bgt kyaknya yg mesti gue lakukan..i know some people are even busier than me, but they can still make time to go online, do some work out, etc..knapa gue ga bisa ya? aneh memang. atau mungkin gue aja yg terlalu malas .

    mang dasar kau, pemalas! HAH! =P hehhehehe just kiddin ya kno ;).Elo keasikan aja nikmatin your newly-found kebebasan…. say hi to Antti btw ;).

  3. saxsilverain said: bisa ngerti iklan2 yg ada di blakang kursi2 bis itu, ato pas berkeliling kota & bisa baca iklan2 di jalan..huwaaaa!!

    Serunya !! Selamat yaa.. saya turut bersukacita mendengar nya ! Bentar agi lo psti bertambah happy waktu udah bisa ngomong lebih lancar, dan ngerti pas nonton tv .. hehehe.. Can’t wait to see you there, dan menikmati kecanggihan mu dalam berbahasa Finland 🙂

  4. jazzm1nt said: So glad to hear you’re doing really well! jadi kalo gue punya duit ke Finland elo bisa menerjemahkan if someone’s cursing me and I can slap them MWAHAHAHAHAHA! =P

    haha, sabar ya, gue kan diajarinnya bahasa Finland yg baik dan benar..belom tentu bisa ngerti bhs slang-nya..but don’t worry, you know perkele already, right? :Dsperti yg udh gue bilang, gue paling lama bisa ol-nya cuma 15 menitan blakangan ini..but sabar yah, si Antti lagi mo mengkredit ( beli kompie baru 😉 jadi hopefully bentar lagi gue bisa chatting kembali denganmu, hohoho!!! :Dlo crita2 dong Elz!!! ngapain aja skarang? and how was the result of that training? aku ingin dengaaarrrrrrrrrr T__T

  5. priciawinda said: Can’t wait to see you there, dan menikmati kecanggihan mu dalam berbahasa Finland 🙂

    aiyh, jadi malu :”> moga2 ga keselip ntar ngomong sama kalian, trus lo bisa jawab dalam bahasa Norway dunx! (walopun sama2 ga ngerti apa yg diomongin kali yee..hihihi)

  6. banyubiru said: hehehe..glad to hear new from you PUni. Bahasa Finland lucu ya..gak kebayang gimana bacanya…

    aku juga mau dengar kabarmu Wieeek!! masih suka hunting makanan enak seputar Jakarta kah? klo ada resep2nya, aku mau dongggg ;)baca bhs Finland sama aja kyak baca bhs Indonesia kok, hehehe 😉 ntar gue peragain klo lagi ke Jakarta yah (gaya bgt deh gue 😀 baru juga bisa ngomong dikit, kekekekek…)

  7. bahasanya ajaip!! saya bisa melihat “terasi” dan “sandal” dalam kata2 di atas sanaaa…denger2… “suppi?” itu artinya “what’s up?” dlm bahasa slang Finland, benerkah Pun? XD

  8. hyaaaa .. koq gue bisa keselip entry ini yaaa??bhu …puy, ajarkan saya ya ntaaarrrr … suppi … iya aku juga melihat “terasi” dan “sandal” di sana ‘_’

  9. Hidup ayam wokuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…..memang masakan itu bisa dipakai buat menarik hati orang…puni..kalo butuh resep lain bilang2 ya..siapa tau bisa bikin klapper tart…kuah asem…ayam tuturuga..dll..dll…jadi kalo ke finland tinggal nyari kios makanan manado milik punie..eheheheehehehhehe….keep me post it ya..darling…

  10. saxsilverain said: ja sitten, 2 minggu lalu kita ngundang ibunya Antti kemari…untuk mencicipi masakan gue: the notorious AYAM WOKU!!

    aku minta resep nya doong…. susah ga bikin nya ??

  11. hihihi aku sangat geli waktu melihat “terassi”. disana juga ada yah? hahahah! tunggu titipan majalahku ke mamamuuuu… ohohoho! antti goes international :)*i wish i could fly, dan datang ke resepsimu… kangennnn*

  12. kitsunesuppi said: denger2… “suppi?” itu artinya “what’s up?” dlm bahasa slang Finland, benerkah Pun? XD

    hmmm…di sini, tiap kota punya bhs slang sndiri, dan spertinya at least di daerah Espoo/Helsinki/Vantaa suppi ga berarti what’s up tuh..tapi klo “supi” artinya smacem “super/sangat”, gitu 🙂

  13. siriuslyelmo said: puy, ajarkan saya ya ntaaarrrr …

    hayoh, waktu itu di entry gue yg kesekian lalu (lupa yg mana) gue kasih soal latihan bhs Finland dirimu kok tidak mencoba? ;)btw, terassi = terassandaalit = sandals (plural) :)see, ga susah kan??

  14. lovelydebz said: kalo butuh resep lain bilang2 ya

    wah! mau dong resep2 masakan manado-nya! ayam tuturuga tuh apa ya? trus kuah asem juga apa ya? huehue :”> klo ada resep ayam bulu yg gampang (baca: ga perlu nyari daun bambu beneran gituh!), aku mau!!!

  15. priciawinda said: aku minta resep nya doong…. susah ga bikin nya ??

    ntar tak kirim lewat email yah!!ga susah kok klo lo punya blender/chopper (fyi, gue pake chopper biasa, ga pernah pake ulekan di sini :p abis mahal dan beda sama yg di Indo), apalagi klo lo giat mengulek! :Deh eh, tapi di dekat rumah barumu ada toko asia kannn?? karna bahan2nya (as you can guess already) pastinya bahan2 ajaib yg tak ada di supermarket Norway ya..

  16. varinwibowo said: hihihi aku sangat geli waktu melihat “terassi”. disana juga ada yah? hahahah! tunggu titipan majalahku ke mamamuuuu… ohohoho! antti goes international :)*i wish i could fly, dan datang ke resepsimu… kangennnn*

    kekekek, ada dong terasi..ada terasi ada terassi, pilih mana?? :Dah aku mau liyat majalahmuuuuuuuuuu…yah, kamu belom berhasil menabung untuk kemari ya nak?? T__T huhuhu..

  17. aranolein said: wah kalau bahasa Finlan dijawab pake bahasa Elf nyambung ga? :))))))))))

    wuah, boleh tuh dicoba 😀 tapi kan Anne udh punya buku & audio tape pelajaran bhs Finland dari si Rita toh?? hihihi, bisa dong blajar bhs Finland 😉

  18. hihihihihi puniiiiii .. miss you … baca soal barang2 second hand, aku inget sepatu pink bulumu yg lutu ituuuuuuu … khan dulu aku juga pengen … cuman 20 rb pake duit indo katamu … hihihihiihi .. akhirnya aku bisa buka multiply dr kantor juga walopun lewat web anti proxy!! menyebalkan … anyway, nice to read your story … kayaknya bahagia banget Pun .. jd pengen .. hihihiihi .. pengen paan yaaaaah? 😕

Leave a Reply

