ratapan seorang anak di negeri antah berantah yg rindu masakan Indonesia

belakangan ini gue doyan nonton channel BBC food..apalagi klo lagi makan, mmm…serasa makan apa yg diliat di TV, walopun yg gue makan cuma roti bakar pake keju .

tapi yg nyebelin dan bikin gue garuk2 tanah, belakangan ini yg ditayangin di channel itu masakan Asiaaaaaaa mulu, udh gitu yg deket2 Indonesia pula, bangsanya Kamboja gitu deh.
tau ga sih mereka, bahwa gue KANGEN MASAKAN INDONESIA?!?!?! bah..

sperti yg gue tulis di 2 entry sebelom ini, waktu ketemuan sama Rini, gue dikasih daging kambing (frozen, masih mentah) sama dia…dan sampe skarang gue belom tau mo bikin apaan pake tuh daging, gara2 gue GA BISA MASAK!! T__T
padahal di lidah gue udh terbayang2 gulai kambing ala resto padang, plus sambel ijo..ato nasi gulai kambing ala nasgultik blok m (loh? itu mah bukan pake daging kambing ya tetep aja, pengen makan nasgultik!!)…ato soto kambing kek gitu…(udh makin ga jelas kyaknya..)
klo udh gini, nyesel gue rasanya, dulu gue ga menimba ilmu lebih dalam pada PRT-ku, mbak Sri..oh oh oh

bisa sih, nyari resep2 itu semua di internet, tapi semua pake bhs Indo, sedangkan gue selalu kesrimpet nerjemahin bumbu2 masakan (particularly the spices) dari bhs Indo ke bhs Inggris, belom lagi si Antti mesti nerjemahin dari bhs Inggris ke bhs Finland (ribet bgt yak) biar kita bisa nyari di supermarket sini…dan tau aja kan, semua bumbu yg eksotik dikiiiit ajah di sini lgs jadi MAHAL…makanya gue baru bisa bikin perkedel bumbu yg rada aneh buat perkedel paling cuma “corriander” (itu juga ga aneh2 amat, bisa lah beli di supermarket manapun di sini).

nah sekarang..gue udh nemu resep TONGSENG…dan sepertinya cukup mudah (berdoa sebelom masak, itu kuncinya…eh, ato sebelom beli bumbu2 masakannya deng, biar ga salah beli )…mungkin paling banter gue bakal masak tuh daging kambing jadi tongseng.
moga2 aja bahan2nya itu ga tlalu mahal di sini..

doakan saya pemirsa!!

8 thoughts on “ratapan seorang anak di negeri antah berantah yg rindu masakan Indonesia

  1. pun, elo resep2 emang dapet dimana tuh? bagi dong! ntar gue bantu nerjemahin deh, nah baru dari situ biar si antti nerjemahin ke Finnish how’s dat? Enak bener lo dikasih daging kambing! huhuhuuuuu…. tongseng gampang ga bikinnya?

  2. duh, tau gitu dulu bawa instant bumbu yg bungkusan itu loh, dari jakarta. Hmmm, tapi bumbu tongseng bungkusan gak ada ya? lagian koper sudah overweight pula, hehe. And u know, inilah what’s called HOMESICK (antara lain) kalau sudah rindu masakan negeri sendiri ….. yep, that’s true!! :p

  3. jazzm1nt said: elo resep2 emang dapet dimana tuh?

    huwaaa..banyak sekali di internet say, bertebaran di mana2 begitu lo cari di google ;> resep tongseng yg gue temuin gampang kok, ga ada yg aneh (paling mahal aja :p), trus di website di mana gue nemuin resep ini, dgn baik hatinya si website owner menerjemahkan bumbu2 masakan itu ke bhs Inggris :Dlo lg ol ga?? ntar gue bagi bbrp URL-nya, huehuehue..

  4. padmageeta said: bumbu tongseng bungkusan gak ada ya?

    actually, i chose tongseng karna emg ga susah bumbunya, alias bisa bikin sndiri :p cuma belom ada waktu buat bikinnya, but once i have (and if we succeed!) i’ll post the result here 😀 (klo gagal…yah, anggaplah angin lalu :p)

  5. saxsilverain said: sedangkan gue selalu kesrimpet nerjemahin bumbu2 masakan (particularly the spices) dari bhs Indo ke bhs Inggris

    Unutk masalah itu, ada solusinya Pun, ada website http://www.dapurmbakyu.ch yang modinya adalah orang Indo ( ya jelas lahh, dapur mbak yu gitu 😛 ) yang tinggal di Swiss. Disitu banyak resep2, tapi spt yang lo blg resep kan dimana aja banyak..yang asik, disitu ada daftar bumbu2 dapur ( beserta gambar, ini penting buat gw krn srgkali gw ga tau kayak apa wujudnya sang bumbu itu) dan namanya dlm berbagai bahasa, spt Inggris, Thai, India, dll. Seru kaan.. jadi ga ribet terjemahin deeh.. Gw skrg udah lumayan advance masak dibanding dgn waktu tinggal di Jkt, walau orang2 rumah gw di Depok menolak untuk percaya 😛 Tapi tetangga2 disini pasti confirm kalo masakan Indonesia enak , scr gw undang2 kalo pas bikin masakan Indo :)Cerita2 ya gimana hasil masakannya !!

  6. priciawinda said: ada website http://www.dapurmbakyu.ch yang modinya adalah orang Indo ( ya jelas lahh, dapur mbak yu gitu 😛 ) yang tinggal di Swiss

    huaa :)) emg di website itulah gue menemukan resep tongseng!!! 😀 😀 makanya gue bahagia sekali, and yes, gue juga udh bahagia karna tau bhs Inggrisnya bumbu2 masakan yg aneh bin ajaib dari website itu ;)gue belom nyoba masak masakan Indo lain selain perkedel T__T but will let the world know how my tongseng experiment goes later! (yg pasti, klo ga enak, ga bakal gue tulis, hohoho :D)PS. buat Elzy, now you know one of the URLs for Indonesian recipe 😉 ayo dicoba ya!!

Leave a Reply

